Kamis, 31 Mei 2012

beranda


SOLUSI AIR BERSIH

Sumur Bor adalah sebuah struktur yang berfungsi untuk mengalirkan air tanah kepermukaan.

Struktur sumur bor terdiri dari pipa induk dan pipa tarik, besaran yangumumnya digunakan (pipa induk – pipa tarik)
  • 1.5″-3/4″
  • 2″-1″
  • 2.5″ – 1″
  • 4″ – 1″ (Jet Pump)
Pipa yang digunakan biasanya pipa Galvanis atau pipa hitam(Pipa Besi), dengan tujuan :
  • sumur yang ditanam tahan untuk jangka waktu yang lama
  • tahan terhadap karat
  • Mudah Perawatannya
  • Memungkinkan menambah atau mengurangi kedalaman.
Namun jika kondisi lahan memungkinkan bisa digunakan pipaPVC (Tipe AW) yang memiliki ketebalan yang cukup sehingga mudah patah saatpengerjaan sumur bor.
Pekerjaan Sumur Bor dapat dibagi menjadi 2 macam yaitumanual dan penggunaan mesin.
Pekerjaan Sumur Bor Secara Manual
Pekerjaan manual membutuhkan energi dari pekerjanya, untukitu dibutuhkan minimal 3 orang sebagai pekerjanya. Peralatan yang dibutuhkanantara lain
  • Pompa Air (disarankan Jenis Mesin bakar (bensin) 5HP, 1000 L/menit)
  • Tripod (ketinggian minimal 2m)
  • Katrol
  • Perlengkapan Las
  • Genset (direkomendasikan 2500Watt)
  • Beberapa Kunci Pipa

Pekerjaan sumur bor manual
Tahapan Pekerjaan Pembuatan Sumur Bor Secara Manual :

Pekerjaan Pendahuluan
  1. Pembersihan lahan.
  2. Membuat bedengan kerja radius 2m dari titik pengeboran.
  3. Mencari sumber air yang bisa digunakan untuk sumber tembakan air, dan membuat bak penampung.
  4. Membuat saluran air dari titik pengeboran ke bak penampung.
  5. Memasang tripod dan katrol diatas titik pengeboran.
  6. Memasang pompa air untuk mengambil air dari bak penampung
Mata sumur bor untuk kedalaman lebih dari 20m

Pekerjaan Bengkel
  1. Pembuatan mata bor dan lubang resapan pada pipa induk pertama. Untuk pengeboran sumur dangkal (kurang dari 30m) bisa digunakan mata bor yang diolah dari bagian pipa dengan cara memotong pipa sehingga ujungnya berbentuk gergaji zig-zag.
  2. Membuat pori-pori (lubang di samping pipa) pada empat sisi pipa pada 1 meter dari mata bor.
  3. Jika pipa induk yang digunakan kecil (≤ 2″) sebaiknya dibuatkan drill (ulir). dan untuk pipa yang lebih besar tidak perlu membuat ulir karena akan lebih efektif jika menggunakan sambungan las.
Pekerjaan Pengeboran
  1. Memasang pipa tembakan air dari pompa air ke dalam pipa induk
  2. Pipa induk di berdirikan tepat diatas titik pengeboran dibantu dengan rantai katrol.
  3. Masing-masing pekerja menggunakan kunci pipa untuk memegang pipa induk dengan posisi memutar dan bertekanan terhadap pipa.
Pengeboran dilakukan dengan cara memutar pipa induk padasatu arah sesuai bentuk mata bor yang digunakan, sambil memberikan tekanankebawah. Pengeboran harus dibantu dengan tembakan air dari pompa air agartanah, pasir, lumpur yang berada di depan mata bor bisa terangkat dan keluar kepermukaan.
Jika proses pemutaran terasa berat (mata bor menyentuh bendayang keras (akar, batu, padatan) maka sebaiknya batangan pipa diangkatkira-kira 10-20 cm untuk :
  1. Memberi ruang agar pekerja pengeboran bisa memberikan tekanan yang lebih.
  2. Memberi waktu kepada tembakan air agar bisa mengangkat material disekitar objek yang keras tersebut, yang mengakibatkan benda tersebut bisa jatuh kesamping saat tekanan selanjutnya.
Pekerjaan lanjutan
  1. Batangan pipa yang sudah dibenamkan kedalam tanah bisa disambungkan dengan pipa berikutnya bisa dengan ukuran yang sama atau pipa dengan ukuran lebih kecil.
  2. Apabila kedalaman pengeboran sudah lebih dari 20 meter sebaiknya setiap 1 meter benaman pipa dilihat kualitas air yang keluar dengan mengamati bau, warna, rasa dan jenis material yang keluar.
Pekerjaan finishing.

Apabila sudah memperoleh kualitas air yang diinginkan,pekerjaan bisa dihentikan.
Pekerjaan dilanjutkan dengan pemasangan pipa tarik(ukurannya setengah dari diameter pipa induk). jika dimungkinkan di ujung pipatarik dipasangi saringan (Jetel pada jet pump) dan dimasukkan kedalam pipainduk sedalam kedalaman pengeboran.
Dan sumur bor siap digunakan dengan bantuan pompa airlistrik.

Waktu Pengerjaan

Lamanya waktu pekerjaan sangat bergantung pada kondisilapangan (lapisan tanah, ketersediaan air tembakan, dll) rata – rata pengerjaanpipa hingga kedalaman 30 meter adalah 1-3 hari / batang, (pada suatu kasus bisa10 hari/batang), untuk kedalaman lebih dari 30 meter bisa memakan waktu lebihlama.
Kedalaman pengeboran
Tujuan pengeboran adalah untuk memperoleh air bersih (Tidakberwarna, tidak berasa, tidak berbau, tidak mengndung bakteri e-coli, pH 6.5 –8.5).
Dalam pekerjaan pengboran pada lokasi biasa (dataran) padakedalaman 6 m (1 batang pipa) telah bisa didapati air, namun tidak ada alat /orang yang bisa dengan tepat pada kedalaman berapa dapat ditemukan air bersih.Teknologi pencarian air seperti geo sekalipun hanya mampu mencari keberadaanair tanpa mampu memastikan kualitas air yang dilihatnya (keterbatasan visualtahanan listrik).

Saran kedalaman
Sebelum melakukan pengeboran sebaiknya dilakukan surveyterlebih dahulu seperti :
  • mencari informasi kedalaman sumur bor tetangga terdekat.
  • Melakukan pengetesan fisik menggunakan garam / geolistrik untuk menentukan titik pengeboran.
  • Anggapan bahwa semakin dalam sumur bor akan memperoleh kualitas air yang lebih baik adalam salah, karena air di dalam tanah berwujud bermacam-macam (Mengalir, mengendap, air resapan, intrusi air laut, artesis dll)
  • Biaya pengeboran setiap batang pipa (panjang 6m) tergolong tinggi (bahkan kedalaman 30m keatas ada item biaya tambahannya), untuk itu perlu ditetapkan kedalaman maksimal.
Untuk itu penulis menyarankan :
  1. Tentukan kapasitas / kebutuhan air bersih (menyakut mesin pompa dan ukuran pipa)
  2. Tetapkan ukuran pipa yang digunakan (karena harga untuk pasangan pipa berbeda).
  3. Tetapkan anggaran maksimal untuk tahapan pekerjaan ini (membagi pekerjaan sesuai ketersediaan dana).
  4. Dalam pekerjaan pengeboran sebaiknya cek kualitas air setiap benaman 1 meter.

Air Tanah Untuk Minum


Baik tidaknya kualitas air tanah dapatditentukan melalui analisis laboratorium. Analisis laboratorium dapatmenunjukkan kandungan kotoran, mikroba, mineral dan bahan kimia tertentu yangterdapat pada air tanah tersebut. Hasil analisis laboratoriurn ini digunakanuntuk menilai kualitas air. Analisis laboratorium terhadap air tanah dapatdilakukan oleh DepartemenKesehatan, Dinas Kesehatan, Badan Pengawas Obatdan Makanan (BPOM), Balai POM. Perguruan Tinggi dan Lembaga Pengujian,lnformasi tentang sehat tidaknya airtanah di suatu wilayah belum tersedia. Informasi ini dapat tersedia, jikacontoh air tanah suatu wilayah telah dianalisis.

Perlu diketahui bahwakualitas air tanah suatu wilayah berbeda dengan wilayah lainnya. Kualitas airtanah sangat bergantung pada tingkat kedalaman air tanah tersebut diperoleh,komposisi tanah, dan juga tingkat pencemaran yang terjadi di suatu wilayah.Dengan demikian, kualitas air tanah bervariasi, bergantung dari asal air tanahtersebut diambil. Secara umum, air tanah yang diperoleh dari sumber yang dalamlebih baik kualitasnya daripada air tanah dari sumber yang dangkal. Air tanahyang diperoleh dari tanah berkapur biasanya mengandung mineral cukup tinggisehingga tidak baik-sebagaiair minum. Air tanah yang diperoleh dari daerahtercemar kemungkinan tidak memenuhi syarat sebagai air minum. Air yang thayyibadalah air yang memenuhi syarat sebagai air minum.

Secara umum air yang memenuhi syarat sebagai air minum adalah tidakmengandung kotoran, tidak berwarna, tidak berbau, tidak berasa, tidakmengandung mikroba atau bahan kimia berbahaya, serta tidak mengandung mineralberlebihan. Secara praktis, kualitas air dapat dinilai dengan panca indra. Airdikatakan baik kualitasnya jika tidak mengandung kotoran, endapan atau bahanasing, jernih atau tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak berasa. Sebelumdiminum, usahakan air tersebut direbus sampai mendidih terlebih dahulu.

Bahaya Minum Air Tanah Dangkal

Punya sumur airsendiri? Berapa kedalamannya? Jika kedalamannya kurang dari 15 meter waspadalahdalam mengonsumsinya. Karena minum air dangkal secara terus menerus berisikoterjadi pengendapan nitrat yang sangat berbahaya bagi tubuh dalam 20 hingga 30tahun kemudian.
Nitrat adalah senyawayang banyak dihasilkan dari limbah, baik limbah kotoran manusia, limbahindustri atau limbah organik lainnya seperti hasil samping dari penggunaanpupuk pertanian. Senyawa nitrat dapat menahan perembesan air kedalam tanah danbanyak mencemari sumber air dangkal.

Badan lingkungan hidupAmerika Serikat pernah melakukan survei dan menemukan pencemaran bahan nitrathingga di atas batas maksimum yang aman dikonsumsi (10 ppm) pada lebih dari 50persen sumber air tanah yang dipergunakan untuk air bersih dan air minumdiseluruh Amerika.

Hal itu pula yang ditemukan oleh Dr Ir Heru Hendrayana,ahli hidrogeologis Universitas Gadjah Mada dari studi yang dilakukannya sejaktahun 2000.
“Kesimpulan dari studi tersebut adalah, sudah tidak adaair tanah dangkal di daerah perkotaan yang memenuhi syarat sebagai air minum,”ujar Dr Heru dalam acara ‘Danone Aqua Siap Hadapi Tantangan 2010′ di HotelCrown, Jakarta,Rabu (13//1/2010).
Menurut Dr Heru, air tanah dangkal yang kedalamannyakurang dari 15 meter sudah banyak dicemari bahan pencemar, mulai dari bakteri,logam berat hingga zat berbahaya seperti nitrat.
“Kalau bakteri saja itu bisa mati dengan direbus ataudipanaskan, tapi yang berbahaya adalah senyawa nitratnya itu,” kata Dr Heru.
Nitrat yang masuk ke dalam tubuh bisa menyebabkan risikopenyakit terutama pada bayi. “Ibu-ibu yang sering mengonsumsi air yangmengandung nitrat berisiko melahirkan anak dengan penyakit baby blue. Sedangkan efek jangka panjangnya (20-30tahun) bagi mereka yang sering minum air mengandung nitrat adalah sesak nafas,”kata Dr Heru.
Baby Blue Syndrome banyak menyebabkan kematian pada bayi umur 3bulan. Nitrat yang masuk dalam tubuh akan berikatan dengan hemoglobin (seldarah manusia) dan akan menghambat darah melepaskan oksigen ke sel-sel tubuhsehingga tubuh akan kekurangan oksigen.
Dampak yang terjadi pada bayi adalah mengalami sesaknafas, seluruh tubuhnya kelihatan membiru dan jika tidak cepat ditolong dapatmengalami serangan jantung dan akhirnya meninggal.
Untuk mengetahui kandungan nitrat dalam air minum cukupsulit apalagi untuk menghilangkannya dari tubuh. “Secara fisik nggak bisadilihat karena nitrat berwarna bening dalam air,” ujar Dr Heru.
Satu-satunya cara untuk menghindari nitrat adalah minumair dari sumber mata air yang benar dan menjaga sanitasi lingkungan.
“Hindari minum air dari air tanah dangkal yang kurang dari15 meter dan hindari membuat sumur dekat septitank. Sekali sebuah senyawanitrat masuk dan mengendap dalam tubuh, dibutuhkan 6.000 liter air untukmenghilangkannya,” tutur Dr Heru.
Nah buat warga ibu kotayang memakai air tanah dengan kedalaman kurang dari 15 meter, patutberhati-hati apalagi bila membuat sumur dekat dengan septiktank, paling tidakharus memakai filter air untuk membuat air tanah menjadi layak pakai.

PENGARUH PENCEMARAN AIR TERHADAP HEWAN, TUMBUH-TUMBUHAN DAN TUBUHMANUSIA.



Diantarasekian banyak bahan pencemar air ada yang beracun dan berbahaya dan dapatmenyebabkan kematian. Telah anda pelajari bahwa bahan pencemar air antara lainada yang berupa logam-logam berat seperti arsen (As), kadmium (Cd), berilium(Be), Boron (B), tembaga (Cu), fluor (F), timbal (Pb), air raksa (Hg), selenium(Se), seng (Zn), ada yang berupa oksida-oksida karbon (CO dan CO2), oksida­oksidanitrogen (NO dan NO2), oksida-oksida belerang (SO2 dan SO3), H2S, asam sianida(HCN), senyawa/ion klorida, partikulat padat seperti asbes, tanah/lumpur,senyawa hidrokarbon seperti metana, dan heksana. Bahan-bahan pencemar initerdapat dalam air, ada yang berupa larutan ada pula yang berupapartikulat-partikulat, yang masuk melalui bahan makanan yang terbawa ke dalampencernaan atau melalui kulit.
Bahanpencemar unsur-unsur di atas terdapat dalam air di alam ataupun dalam airlimbah. Walaupun unsur-unsur diatas dalam jumlah kecil? sensial/diperlukandalam makanan hewan maupun tumbuh­tumbuhan, akan tetapi apabila jumlahnyabanyak akan bersifat racun, contoh tembaga (Cu), seng (Zn) dan selenium (Se)dan molibdium esensial untuk tanaman tetapi bersifat racun untuk hewan.
Airmerupakan kebutuhan primer bagi kehidupan di muka bumi terutama bagi manusia.Oleh karena itu apabila air yang akan digunakan mengandung bahan pencemar akanmengganggu kesehatan manusia, menyebabkan keracunan bahkan sangat berbahayakarena dapat menyebabkan kematian apabila bahan pencemar itu tersebut menumpukdalam jaringan tubuh manusia.
Bahanpencemar yang menumpuk dalam jaringan organ tubuh dapat meracuni organ tubuhtersebut, sehingga organ tubuh tidak dapat berfungsi lagi dan dapat menyebabkankesehatan terganggu bahkan dapat sampai meninggal.
Selainbahan pencemar air seperti tersebut di atas ada juga bahan pencemar berupabibit penyakit (bakteri/virus) misalnya bakteri coli, disentri, kolera, typhus,para typhus, lever, diare dan bermacam­macam penyakit kulit. Bahan pencemar initerbawa air permukaan seperti air sungai dari buangan air rumah tangga, airbuangan rumah sakit, yang membawa kotoran manusia atau kotoran hewan.

Airdingin menyebabkan SERANGAN JANTUNG

Minum es memang nikmat. Apalagi jika cuaca panaspada siang hari. Tenggorokan yang kering ini rasanya maknyos terkena dinginnya air es.Segar rasanya.

Begituhausnya saya pernah meminum air es hampir satu botol besar. Segar rasanya. Tapiesoknya, tenggorokan saya sakit. Rupanya akibat panasnya cuaca tenggorokan sayabegitu kering, sehingga ketika terkena es, ia seperti bara yang dipadamkan. Nyos!
Beberapawaktu yang lalu, teman saya memberitahukan saya bahwa kebanyakan minum es bisamengakibatkan terkena serangan jantung. Ah, apa iya?

Ada kebiasaan baik yang dilakukan oleh orang Cina danJepang, yaitu minum air panas/hangat sewaktu makan. Mengapa? Apa manfaatnya kebiasaanitu?
Minumes memang segar tapi air itu akan membekukan makanan berminyak yang kitasantap, apalagi makanan berlemak. Lemak itu akan terbentuk dalam usus dan akanmengakibatkan sempitnya saluran-saluran pencernaan kita. Jika lemak berkumpulmaka akan mengakibatkan kegemukan.

Biasanyaorang yang terlalu gemuk akan mudah diserang berbagai penyakit. Terutamapenyakit jantung. Oleh karena itu minumlah air panas/hangat setelah menyantapmakanan. Karena air panas akan mencairkan segala makanan berlemak sehinggamudah diserap tubuh. Jika kita terlalu gemuk, waspadalah akan serangan jantung.

Biasanyaserangan jantung mulai terasa pada tangan sebelah kiri. Lalu merambatsedikit-demi sedikit ke bagian atas dada. Mungkin pada awalnya tidak begituterasa. Tanda-tanda lainnya adalah rasa capai/lelah dan berkeringat. Kononmenurut ilmu kedokteran, 60 % pengidap sakit jantung tidak bangun setelahtidur. Hiii ngeri! Oleh karena itu berhati-hatilah.

Bagi penggemar es, tetap boleh meminum es asalkan tidak terlalu banyak danberlebihan. Dan yang penting adalah minum air panas/hangat setelah makan.

AIR tidak hanya berfungsi untukmemuaskan dahaga. Tetapi, air merupakan obat yang sangat efektif untuk menjagakesehatan, menjernihkan pikiran, dan menjaga keseimbangan dalamjaringan-jaringan tubuh Anda. Tahukah Anda, sebagian besar dari tubuh terdiridari air dan setiap sel sebagian besar terdiri dari air. 70% dari tubuh Andaterdiri atas air. Air ini digunakan terus-menerus dalam proses kehidupan.Karena itu, Anda harus selalu mengisi persediaan.
Tetapi,banyak orang yang gagal memenuhi kebutuhan tubuhnya akan air. Jika Anda kekuranganair, sel-sel akan mulai menarik air dari aliran darah. Akibatnya, darah akanmengental, sehingga jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah dantubuh akan mulai mengarahkan darah menjauh dari area yang kurang vital.Dehidrasi mungkin saja sudah terjadi sebelum Anda merasa haus. Hal inimerupakan beban bagi tubuh karena akan mengganggu fungsi ginjal dalammenjernihkan darah dan membantu tubuh melepaskan racu-racun. Selain itu, airjuga meningkatkan metabolisme dan menstimulus fungsi usus.

Contoh cara kerja air dalammenyembuhkan penyakit

1. Sakit kepala

Pernahkah Anda merasa sakit kepalasetelah bekerja penuh seharian? Berdasarkan bukti ilmiah, sakit kepala ini bisadisebabkan karena Anda kekurangan air. 75% dari otak Anda terdiri atas air.Saat otak mendeteksi adanya kekurangan air, maka otak akan memproduksi histaminyang menyebabkan rasa sakit dan kelelahan. Tujuannya, untuk memperlambataktivitas kita. Dengan begitu, persediaan air yang minimum bisa menjaga otaktetap bekerja dengan benar. Cobalah, seringkali satu gelas besar air putihdipadukan dengan istirahat 20 menit jauh lebih efektif daripada obat penghilangrasa sakit.


2. Sakit punggung

Airjuga membantu mengatasi sakit punggung. Piringan di punggung kita terbuat daritempurung luar jaringan persendian yang flesibel yang penuh dengankantung-kantung cairan. Sebagian besar cairan ini adalah air. Selamakantung-kantung ini penuh, maka mereka akan tetap mendukung tempurung luardengan benar. Dengan begitu, akan membantunya menyerap berat dari tubuh bagianatas.
Saatbergerak, tekanan ditarik dan dilepaskan pada piringan tergantung dari tipegerakan. Gerakan ini menimbulkan daya hisap yang memungkinkan cairan dalamtubuh memasuki piringan tersebut. Dengan begitu, kadar cairan pada piringanakan tetap terjaga.
Jikakadar cairan, khususnya air, dalam tubuh rendah, maka piringan ini juga akankekurangan air. Akibatnya, sebagian besar dari berat tubuh kita akandipindahkan ke tempurung luar. Anda mungkin sudah pernah merasakan akibatnya dipunggung atau leher seperti: rasa sakit dan pembengkakan.
3.Hipertensi
Airjuga bermanfaat dalam mengatasi hipertensi. Berdasarkan ilmu kedokteran,hipertensi seringkali terjadi saat tubuh mendeteksi adanya pengurangan volumedarah. Karena darah lebih dari 83% terdiri atas air, maka penyebab umumterjadinya penurunan volume darah adalah dehidrasi.
Sebagaireaksi dari penurunan volume darah, tubuh kita akan mengarahkan sebagian besaraliran darah ke organ-organ yang aktif dan menutup suplai darah ke area yangkurang penting. Penyesuaian tubuh ini akan menyebabkan terjadinya hipertensidisepanjang sistem sirkulasi darah.
Airbersih ideal
Mengkonsumsiair besih yang dimurnikan dengan cara yang tepat juga akan membantu memurnikantubuh Anda. Air akan membuat kolon lebih efektif dengan cara membentuk darahbaru yang segar. Jika kolon dibersihkan, nutrisi
makananyang dimasukkan selama beberapa kali sehari akan diserap. Kemudian,lipatan-lipatan mucus akan mengubahnya menjadi darah segar. Darah sangat pentingdalam menyembuhkan penyakit dan mengembalikan kesehatan. Karena itu, adabaiknya minum air yang cukup secara teratur.

Bisakahminum air terlalu banyak?
Kecualiuntuk kondisi penyakit tertentu, Anda tidak boleh minum air terlalu banyak.Tubuh hanya menggunakan air secukupnya dan mengeluarkan sisanya melalui urine.Jika Anda minum air dalam jumlah cukup, biasanya Anda akan
buangair kecil setiap 2 jam sekali. Tandanya, semakin jernih air seni Anda, berartitubuh Anda semakin cukup air. Tubuh tidak menyimpan air, jadi minum air dalamjumlah berlebih tidak akan menambah manfaatnya. Anda dianjurkan untuk minum airsebanyak 1/2 berat badan dalam ukuran ounce air (1ounce air setara dengan 0.0284 liter).Sebagai contoh, jika berat badan Anda 150 pon (75 kg), sebaiknya Anda minum75 ounce air (2.13 liter air).

Caramelakukan terapi air
· Begitubangun pagi, sebelum menggosok gigi, minumlah 1.50 liter air (setara dengan 5-6gelas).
· Satujam sebelum dan sesudah minum air ini, Anda sebaiknya tidak mengkonsumsi minumanlain atau makanan solid lainnya.
· Tidakboleh minum alkohol pada malam sebelumnya.
· Gunakanair yang sudah dimasak
Mungkinkahminum 1.5 liter air sekaligus?
MungkinAnda akan kesulitan saat pertama kali mencoba, tetapi Anda akan terbiasaseiring waktu. Pada awalnya, Anda bisa minum 4 gelas air terlebih dahulu dansisa 2 gelasnya bisa diminum setelah selang waktu 2 menit.
Berdasarkanhasil penelitian, penyakit dibawah ini mengalami perbaikan dengan terapi airdalam waktu seperti yang disebutkan:
· Keasaman:2 hari
· Diabetes:7 hari
· Tekanandarah dan hipertensi: 4 minggu
· Kanker:4 minggu
· Tuberculosisparu: 3 bulan
JikaAnda menderita arthritis atau rematik, ada baiknya melakukan terapi ini 3 kalisehari; pagi, siang, dan malam hari, 1 jam sebelum makan, selama 1 minggu.Selanjutnya 2 kali sehari sampai penyakit sembuh.

JasaPengeboran Sumur Dalam, Sumur Artesis, Deep Well, Borehole Camera
Deep Well Drilling & Service, Water TreatmentPlant, Automatic Water Level Record Telemetry, Hydro-geological Survey.
Seiring perkembangan zaman, kebutuhan air bersih kianmeningkat terutama disektor industri, pertanian, pertambangan, kawasanpemukiman dan sebagainya.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut dibutuhkan pasokan airyang cukup besar, oleh karena itu PDAM sebagai pemasok air bersih diharapkanmampu memenuhi kebutuhan tersebut.

Namun bila kapasitas layanan PDAM masih belum mencukupi ataubahkan belum terjangkau oleh jaringan pasokan air, Deep Well atau yang jugadikenal dengan sumur bor/sumur artesis menjadi alternatif yang tepat dalammemenuhi kebutuhan air yang cukup besar.


Apa Itu Deep Well?

Deep Well adalah sumur bor yang mengambil sumber airtertekan dari lapisan Aquifer atau Zona Jenuh dibawah tanah. Kedalamanpengeboran umumnya berkisar antara 150 s.d 300 meter atau tergantung darikondisi hidrogeologi dan izin yang diberikan oleh Dinas Pemerintahan setempat.
Mengapa memilih Deep Well?

Keuntungan menggunakan Deep Well adalah ketersediaan airnyayang lebih banyak dari sumur pantek atau sumur dangkal, selain itu lapisanakifer yang mengandung air asin maupun payau dapat dihindari.

Mata Bor




Mesin Bor


Kegiatan Pengeboran


Kegiatan Electrical Logging Test

Pemasangan Saringan (Screen)

Pompa Submersible
Tentang Kami Perusahaan kami berdiri sejak tahun 1979 dengannama PT. SABENA IE.

Scope pelayanan kami mencakup :
- Sumur Bor / Sumur Artesis / Deep Well
- Perbaikan Sumur Bor dan Pompa Submersible
- Pengolahan Air Bersih (Water Treatment Plant)
- Supply Pompa / Pipa / Hydrophore / Pabrikasi Tangki Besi,
- Study Hydrogeologi,
- Automatic Water Level Record Supplier
- Bore Hole Camera

Hubungi kami, dan Anda akan mendapat pelayanan terbaik darikami.
PT. SABENA IE

Jl. PPA . CEGER – CIPAYUNG
JakartaTIMUR
Telp / Fax : (+62 21) …………..
e-Mail : deckade2000@yahoo.com

Contact Person :
Kegiatan Borehole Camera dilakukan untuk menyelidiki kondisisumur bor sehingga data - data berupa posisi dan kedalaman Screen (Saringan),ukuran pipa konstruksi dan kedalaman suatu sumur dapat diketahui.

Dengan penyelidikan Bore Hole Camera ini kondisi pipakonstruksi sumur juga bisa diketahui sehingga dapat ditentukan metode apa yangdigunakan dalam pelaksanaan perbaikan sumur bor.

Kegiatan pemeriksaan Sumur Bor dengan Bore Hole Camera

Berkas media video-play.mp4 (MPEG-4 Movie, 0 byte)AutomaticWater Level Recorder Telemetry Automatic Water Level Record (AWLR) adalahperangkat pemantau level airtanah dengan sistem telemetry dan full remotedengan menggunakan pressure sensor berbasis SMS GATEWAY.

Didukung dengan software berbasis online (Server), sangatmemudahkan bagi user untuk mengambil, menganalisa data pada sumur pantau. Dancommand untuk meminta data tidak terbatas hanya beberapa command saja. Kitabisa mengganti periode pengambilan data, check pulsa, transfer pulsa, dll.

Alat kami tidak terbatas pada satu sensor saja padapengamatannya, tersedia hingga 6 channel sensor sesuai dengan peruntukannyabagi user. Dengan sensor yang berdiameter 1 inch, otomatis mempengaruhi dalamkonstruksi pembuatan sumur pantau yang menggunakan pipa GIP diameter 2 inch.Sehingga pada sumur pantau bisa dilakukan hingga >1 parameter pemantauanpada kedalaman lapisan akuifer yang berbeda pula. Sehingga kita bisa mengetahuisecara detail kualitas hidrology per akuifer.

Dokumen Legal
    1. Akta Pendirian Perusahaan: No. … Tanggal …………..
    2. Tanda Daftar Perusahaan: 09.01.1.45.06708
    3. Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) Kecil:............................
    4. Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) Sedang: ...........................
    5. Surat Izin Jasa Konstruksi (SIJK)-Bid. Konstruksi: ..............................
    6. Surat Izin Jasa Konstruksi (SIJK)-Bid. Konsultan: ........................................
    7. Surat Izin Perusahaan Pengeboran Air Bawah Tanah: ..............................
    8. Sertifikat Badan Usaha Jasa Konstruksi: ........./GAPEKSINDO/..../../..
    9. Kartu Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP): ........................................
    10. Surat Keterangan Terdaftar: PEM-..../WPJ.21/KP/...../2008
    11. Referensi Bank: ....................................
    12. Kartu Pengenal Instalasi Bor: xxxxx/xxxx dan xxx/xxxx
    13. Kartu Pengenal Juru Bor: xxxx/x.xxx.xxx
    14. Surat Keputusan Menteri Kehakiman RI: C-397 HT.01.04.Th.2000 Perbaikan Sumur dengan Mesin April 07, 2009 Dengan menggunakan mesin kompressor yang bertekanan tinggi (hingga 20 bar), lumpur dan pasir yang mengendap pada deep well akan terbuang keluar sehingga air sumur menjadi bersih kembali.

Kompressor PT. SABENAIE





Tidak ada komentar:

Posting Komentar